Skip to main content

Halo Bangka : Bandara Depati Amir, Otak-Otak Ase, Martabak Bangka Acau 89 & Menginap di Hotel Santika Bangka

Hai semua, hari ini aku menceritakan tentang pengalaman aku kerja di Bangka, salah satu kepulauan yang ada di Pulau Sumatera. Aku ke Bangka sudah dua kali, bahkan aku selalu kesana sendirian karena untuk urusan pekerjaan. First Impression aku setelah sampai di Bangka, bandaranya kecil tapi sudah modern. Karena ini pertama kalinya aku ke Bangka dan sendirian, aku selalu bertanya ke teman kantorku yaitu Mba Yuni karena dia memang orang Bangka dan sering pulang kampung. 

Setelah keluar dari pesawat, perut gak bisa bohong karena lapar sekali. Di dalam bandaranya arrival hall aku tidak menemukan restauran atau tempat makan apapun. Tapi begitu keluar gate, tmasih di area bandara aku melihat beberapa cafe di teras bandara. Karena lagi di Bangka, tentu saja dong aku memilih makanan yang khas kota ini. Setelah diskusi dengan Mba Yuni by whatsapp tentu saja, aku akhirnya memilih makan di Otak-Otak Ase. 

Letak Otak-Otak Ase ada di tepat samping kiri gate keluar arrival hall. Tempat duduknya sendiri cukup banyak, jadi jangan takut kehabisan. Otak-Otak Ase adalah salah satu restauran yang must visit dan harus dicoba selama di Bangka. Untuk pilihan menunya sendiri ada Pempek, Oleh-oleh khas Bangka seperti kerupuk-kerupukan dan dessert khas Bangka. Harganya seingat aku 3,000/buah untuk pempeknya, dan dessert es-nya tidak lebih dari 20,000, murah meriah. 
source : http://depatiamir-airport.co.id/
Aku memesan pempek yang direbus bentuknya seperti pempek lenjer tapi lebih pendek, dan juga aku memesan otak-otaknya yang juga lebih mungil bentuknya. Surprisingly, pempek di Bangka beda dengan pempek yang biasa aku makan yaitu pempek Palembang. Saat disajikan, kita tidak akan dikasih cuko ala pempek yang biasa dimakan. Cuko atau sausnya disajikan di 3 jenis botol yang berbeda, ada cuko biasa, cuko terasi dan cuko tauco. Rasa cuko nya sedikit asam manis tapi aku suka sedangkan untuk pempeknya tidak berbeda jauh dengan pempek Palembang, tapi tidak terlalu terasa ikannya. 






Aku cukup lama makan di Otak-Otak Ase ini, karena memang masih ada waktu untuk perjalanan ke tempat meeting. Mungkin karena makanannya otak-otak kali ya, jadi banyak lalat yang datang sampai dikasih lilin oleh waitress-nya. 

Tidak terlalu lama duduk disana, aku akhirnya beranjak mencari taksi keluar area bandara. Disana akan ada banyak jenis taksi yang bisa dipilih, aku mendatangi salah satu gerai taksi yaitu BlueBird. Kita hanya perlu memberitahu alamat tujuan dan nanti kasirnya akan memberikan harga, seingatan aku untuk harganya jauh dekat hanya 60 ribu Rupiah, sangat affordable. Setelah membayar, nanti akan ada petugas yang membantu dan menemani kita sampai taksi yang sudah ditentukan datang. 



Tujuan pertamaku adalah ke kantor customer yang ada di sebrang Alun-Alun Taman Merdeka. Tempat ini juga salah satu lokasi iconic,  semua orang Bangka pasti tahu deh tempatnya. Setelah sampai aku langsung mulai meeting dan bekerja seperti biasa. Di Bangka ini ternyata cukup panas ya daerahnya, malah aku merasa lebih panas ini dibanding Jakarta. Kurang lebih 2 jam, meeting aku selesai, akupun diperbolehkan pulang. Tapi sebelumnya aku penasaran banget mau jalan ke arah Alun Alun Merdeka karena saat itu ada banyak penjual makanan disana. 

Alun-Alun Merdeka ini sering dijadikan titik pertemuan orang-orang Bangka, jadi taman bermain anak-anak ataupun sekedar mencari hiburan. Disana ada banyak kios dan penjual makanan yang pasti menarik untuk dicoba satu-satu. Sayangnya saat aku kesana, hari masih cukup siang jadi belum ada kios yang buka, tapi penjual makanan sih banyak. Akupun mencoba bakso Bangka yang ada di pinggir jalan menggunakan gerobak. Makannya cukup duduk di samping abangnya di teras Alun-Alun Merdeka. Harga seporsi bakso di tahun 2018 masih 10,000 loh, baksonya kecil kecil tapi kuahnya aku suka gurih rasanya, ditambah perasan jeruk nipis jadi makin enak dicampur sama sambalnya. 


Setelah selesai makan, tadinya aku mau berkeliling Alun-Alun terlebih dahulu, tapi batal karena gak kuat cuacanya lagi panas banget. Jadilah sehabis makan aku langsung pesan grab untuk ke Hotel. Aku menginap di Hotel Santika Bangka, sekitar 5km dari Alun-Alun. Mengapa pilih Hotel Santika di Bangka ? No Reason, karena namanya di daerah yang baru pertama kali didatangi dan sendirian, aku pilih yang pasti-pasti aja. Dan ternyata OK kok hotelnya, kali kedua aku ke Bangka juga aku menginap di hotel ini lagi. 


source  : https://www.booking.com/

source  : https://www.booking.com/

Hotelnya sendiri cukup besar, saat check in kita akan dikasih welcome drink yaitu Orange Juice. Saat aku kesana, hotelnya lagi lumayan ramai karena seingatku ada segerombol atlet yang menginap disana, sepertinya lagi ada turnamen ya. Saat menuju lift, kita akan menemui jembatan yang dibawahnya ada kolam yang mengalir. Bagus deh, I loved it. 

Untuk kamarnya sendiri cukup luas dan cozy, semua perlengkapan lengkap layaknya standard hotel biasa, kamar mandinya juga besar loh. Sayangnya aku tidak sempat foto-foto di dalam kamarnya, karena lelah setelah seharian meeting dan kerja. Akupun gak kemana mana lagi, selama sisa hari hanya di kamar aja, ya anggap aja kan lagi staycation setengah hari. Aku juga makan siang lewat room service dan harganya tidak terlalu mahal. 

Sorenya aku pesan grab food Martabak Bangka Acau 89 , karena penasaran sama Martabak Bangka langsung dari Bangka-nya. Sebelumnya aku googling dulu dan ternyata Martabak ini memang primadona di Pangkal Pinang, banyak yang suka dan must try katanya. Aku pesan Martabak Telur 1 porsi. Pas pertama dicoba takjub sih karena minyaknya sedikit banget gak kayak Martabak Telur di Jakarta. Pinggirannya juga garing yang bikin aku makin suka, dan saus nya juga enak banget rasanya mirip saus Pempek Palembang. Banyak yang bilang juga kalau makan bareng acarnya bisa bikin rasanya makin nikmat tapi aku ga suka acar jadi aku ga cobain. Salah satu makanan di Bangka yang pengen aku bawa pulang, karena rasanya yang enak dan gak amis. 



Jadi begitulah cerita aku seharian ada di Bangka. Sayangnya aku gak sempat jalan ke tempat tempat terkenal di Bangka karena kendala waktu dan pekerjaan. Suatu saat aku harus balik lagi ke sana, bawa keluarga dan bukan untung kerja. Semoga kesampaian ya, Amiiin. See you in my next post!

Xo, 
Riana💋

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Comments

Popular posts from this blog

The Hidden Gems : Produce 101 Season 2 & Nuest part 1

As I write in  here , I love Bigbang so much, even though currently they are not active, sometimes I still continue searched their names in twitter or google. Right now, I will tell story about another group that I like named is Nuest. Sounds familiar but never heard their song? yes, that's also me. Before I watched Produce 101 season 2, I ever heard about their name, but neither songs and members. I will write from the beginning how I got to know them.  source : https://www.soompi.com/ Produce 101 is a sensational program in Korea, it create a variety show with 101 trainees  from many agencies joined and competed each other. I knew this program from Saniy and Ajeng, they told me this show was interesting and must be watched. I watched the entire episodes of season 1 until we got IOI. So, every episodes, the trainees will have mission. First, it will show each agency performance and the teacher (which is also celebrity) will judge them to each classes that fit their capabili

K-drama Review : The Beauty Inside

Hello, everyone. I am bored to write about my travel activity in this blog, so I decide to put another themes my personal review about anything. As fans of Korean Drama, I want to write my review about a drama which already finished on air. And here I go, the drama that I choose is The Beauty Inside. source : https://inikpop.com/ The Beauty Inside is drama adaptation from a movie with same title, as I know Han Hyo Joo is the main lead. The Beauty Inside drama version has Seo Hyun Jin as Han Se Kye (HSK) and Lee Min Ki as Seo Do Jae (SDJ) as lead actor. This drama tell story about an actress named HSK who super famous in South Korea, but this woman have problem keep running away like in shoot drama, award show, interview etc. The beginning of drama, we introduced to her went to award ceremony with beautiful dress, when her name called as the winner in one nomination, she went to the stage but something weird happen to her, her eyes was shaking and felt strange, and he left the st

Rekomendasi Makanan di KLIA - Bandara Malaysia (4Fingers, Nooodles, Sushi King & ILoveYoo)

Bandara selalu jadi tempat favorit aku, karena biasanya kalau ke bandara artinya mau liburan kan ya? hehe. Kalau lagi tidak ada kegiatan atau bingung mau kemana lagi di hari kepulangan ke Jakarta, biasanya aku akan pergi ke bandara lebih cepat dari seharusnya. Setelah beres check in dan taruh bagasi, aku sering keliling bandara, untuk mencoba makanannya atau sekedar membeli oleh-oleh yang ada disana. Banyak banget yang bisa dibeli bandara, makanya aku selalu menyisakan uang cash di setiap liburan, karena sisanya mau dihabiskan di bandara saja. Kalau aku biasanya beli oleh-oleh khas Negara/Kota yang aku kunjungi, cokelat, souvernir ataupun makanan, tumbler Starbuck dan lain-lain. Walaupun harganya biasanya sedikit lebih mahal dibanding diluar, tapi ya gapapa buat sekalian habisin uang recehan (karena biasanya uang sisa itu uang receh✌). Kalau kalian juga sering seperti aku, nah aku mau share makanan apa aja yang enak dan worth it untuk dicoba di Bandara KLIA 2 - Malaysia. Cobain yaa.  1