Skip to main content

Kuliner Jogja Part 5 : Candi Ratu Boko, Tempo Gelato

Finally, workshop done dan masih ada satu hari bebas di Jogja. Langsung aja dong, kami menyusun rencana selanjutnya. Berhubung kemarin sudah niat mau ke Candi Ratu Boko tapi gagal karena hujan badai, jadilah kali ini aku dan yang lain mau kesana lagi, tapi kita berangkatnya pagi. Sebenarnya sih maunya sore, biar bisa liat sunset yang katanya bagus banget disana, tapi kami takut karena cuaca Jogja lagi aneh dan takut hujan turun lagi.

Masih menyewa mobil di rental yang sama, sekitar jam 9 pagi kami sudah berangkat. Hari itu Jogja terik banget mataharinya, udah kebayang nanti bakalan gosong deh habis dari sana. Jalanan menuju kawasan Candi lumayan serem sih, karena harus naik dan berliku-liku. Kurang lebih satu jam, kami sampai di Candi Ratu Boko. Tiket masuknya sebesar 40,000 di tahun 2017 untuk turis domestik. Setelah sampai ternyata ramai banyak anak-anak SMA yang kelihatannya lagi study tour. Selain anak SMA juga banyak wisatawan keluarga yang datang kesana, ternyata tetap ramai ya walaupun weekday.

Untuk ambil foto di spot di atas ini, susah banget nunggu sepinya jadi harus sabar ditambah panas yang banget banget. Please bring your umbrella and sunglasses ya guys. Karena pertama kali kesana, aku cukup takjub liat lingkungan Ratu Boko ini karena bersih banget dan juga super luas. Disana ada banyak bangunan candi, jadi kita benar-benar harus keliling. Mungkin karena Ratu Boko ini lumayan ada diatas, jadi banyak angin juga, payung aku udah beberapa kali mau terbang saking besarnya si angin. Bawa air mineral is a must, karena saking teriknya, jadi bawaannya haus terus. Tapi emang susah sih cari yang jualan air mineral di sana, jadi better kamu prepare dulu sebelum sampai.

Aku mengelilingi kawasan Candi Ratu Boko kurang lebih 1.5 jam, sebenarnya arenya masih sangat luas, tapi aku sudah tidak sanggup buat keliling lagi, karena panasnya yang sangat menyengat. Sebelum sampai pintu keluar, saya duduk duduk santai dulu sambil melihat pengunjung lain menikmati Ratu Boko. Di dekat pendopo tempat saya duduk ada kantin juga kalau kamu lapar. Aku memesan segelas es kelapa muda yang entah kenapa rasanya enak banget saat itu, dan kami meminumnya di pendopo tersebut, jadi tidak perlu ke area kantin.

Setelah selesai minum, kamipun langsung pulang lagi ke arah Hotel. Rencananya kami mau menghabiskan malam terakhir di Jogja dengan meminum gelato hits di Tempo Gelato. Tempo Gelato ini ada 3 cabang, di Kaliurang, Taman Siswa dan Jalan Prawirotaman. Tentu saja, aku pilih yang di Jalan Prawirotaman karena dekat dengan hotel. Kami tidak langsung ke Tempo Gelato, karena capek banget dan mau istirahat dulu di Hotel ngadem karena seharian kebakar matahari.

Short story setelah selesai beristirahat, sore harinya kami berjalan kaki ke Tempo Gelato. Di depan hotel kami ada sebuah gang kecil, dari situ kita tinggal telusuri saja lalu belok kanan dan sampai deh di Tempo Gelato, sedekat itu. Rencananya kami memang mau bersantai sambil ngobrol di sana, tapi ternyata penuh banget. Untuk memesan gelatonya saja sudah memakan waktu yang lama. Di saat mau order, kita bisa mencicipi dulu varian es krim yang kita mau, waitressnya dengan sabar mau mengambilkan es krimnya.

Disana ada empat ukuran, yang cone, small, medium dan large. Harganya berbeda sesuai dengan ukuran dan pilihan rasa yang kita mau. Kalau aku suka banget sama es krim yang rasanya fruity, jadi biasanya aku pilih yang agak asam gitu rasanya. By the way, aku juga suka banget sama interior cafe ini, classy dan unik.
source : akulily.com

Karena ramai dan semua kursi penuh, kami memutuskan untuk makan es krimnya di kolam renang Hotel. Surprisingly, ada live music dong di dalam restauran hotelnya, kita juga bisa request lagu apa yang di mau. Jadi gak nyesel deh, makan es krim di hotel, kapan lagi kan dapat suasana kayak di drama korea gitu. Dan tambahan poin lagi untuk Galeri Prawirotaman, a great ambience and hospitality. Kalau kalian lagi di  Jogja dan bareng keluarga, aku sarankan kamu menginap di Galeri Prawirotaman. Selain kamarnya bagus, lingkungannya juga tenang dan gak berisik, breakfastnya juga banyak macamnya, ada live music kalau malam hari dan ditambah lokasinya yang pas mau kemanapun dekat dan di sekitar hotel juga banyak banget cafe dan restauran hits yang harus kamu coba.

So, sekian dulu postingan liburan aku selama di Jogja. Memang sih masih kurang eksplor, karena memang aku disana sekalian kerja. Makanya penasaran banget pengen nyobain kuliner di Jogja lainnya. See you soon, Jogja!

Xo,

Popular posts from this blog

The Hidden Gems : Produce 101 Season 2 & Nuest part 1

As I write in  here , I love Bigbang so much, even though currently they are not active, sometimes I still continue searched their names in twitter or google. Right now, I will tell story about another group that I like named is Nuest. Sounds familiar but never heard their song? yes, that's also me. Before I watched Produce 101 season 2, I ever heard about their name, but neither songs and members. I will write from the beginning how I got to know them.  source : https://www.soompi.com/ Produce 101 is a sensational program in Korea, it create a variety show with 101 trainees  from many agencies joined and competed each other. I knew this program from Saniy and Ajeng, they told me this show was interesting and must be watched. I watched the entire episodes of season 1 until we got IOI. So, every episodes, the trainees will have mission. First, it will show each agency performance and the teacher (which is also celebrity) will judge them to each classes that fit their capabili

K-drama Review : The Beauty Inside

Hello, everyone. I am bored to write about my travel activity in this blog, so I decide to put another themes my personal review about anything. As fans of Korean Drama, I want to write my review about a drama which already finished on air. And here I go, the drama that I choose is The Beauty Inside. source : https://inikpop.com/ The Beauty Inside is drama adaptation from a movie with same title, as I know Han Hyo Joo is the main lead. The Beauty Inside drama version has Seo Hyun Jin as Han Se Kye (HSK) and Lee Min Ki as Seo Do Jae (SDJ) as lead actor. This drama tell story about an actress named HSK who super famous in South Korea, but this woman have problem keep running away like in shoot drama, award show, interview etc. The beginning of drama, we introduced to her went to award ceremony with beautiful dress, when her name called as the winner in one nomination, she went to the stage but something weird happen to her, her eyes was shaking and felt strange, and he left the st

Rekomendasi Makanan di KLIA - Bandara Malaysia (4Fingers, Nooodles, Sushi King & ILoveYoo)

Bandara selalu jadi tempat favorit aku, karena biasanya kalau ke bandara artinya mau liburan kan ya? hehe. Kalau lagi tidak ada kegiatan atau bingung mau kemana lagi di hari kepulangan ke Jakarta, biasanya aku akan pergi ke bandara lebih cepat dari seharusnya. Setelah beres check in dan taruh bagasi, aku sering keliling bandara, untuk mencoba makanannya atau sekedar membeli oleh-oleh yang ada disana. Banyak banget yang bisa dibeli bandara, makanya aku selalu menyisakan uang cash di setiap liburan, karena sisanya mau dihabiskan di bandara saja. Kalau aku biasanya beli oleh-oleh khas Negara/Kota yang aku kunjungi, cokelat, souvernir ataupun makanan, tumbler Starbuck dan lain-lain. Walaupun harganya biasanya sedikit lebih mahal dibanding diluar, tapi ya gapapa buat sekalian habisin uang recehan (karena biasanya uang sisa itu uang receh✌). Kalau kalian juga sering seperti aku, nah aku mau share makanan apa aja yang enak dan worth it untuk dicoba di Bandara KLIA 2 - Malaysia. Cobain yaa.  1